Nutrisi Untuk Ibu Hamil



Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Para ibu yang sedang hamil harus memperhatikan apa saja yang mereka makan, untuk memastikan bahwa tubuh mereka tidak kekurangan nutrisi. Ini sangat penting untuk dilakukan karena saat hamil, selain untuk tubuh mereka sendiri, mereka perlu nutrisi untuk perkembangan bayi yang sedang dikandung.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu yang sedang hamil:

Makanan Yang Merupakan Sumber Kalori

Selama hamil, asupan kalori perlu ditambah. Selama trimester pertama, perlu ditambahkan 180 kkal per hari, dan selama trimester kedua dan ketiga, perlu ditambahkan 300 kkal per hari. Untuk mendapatkan tambahan asupan kalori, para ibu yang sedang hamil dapat mengkonsumsi nasi, umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan-makanan lain yang mengandung lemak nabati dan hewani.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi ibu hamil yang paling penting. Asam folat sangat dibutuhkan oleh bayi yang sedang dikandung karena membantu pembentukan sel dan sistem syaraf. Dan jika kekurangan asam folat, perkembangan bayi yang sedang dikandung dapat terganggu dan resiko terlahir cacat cukup besar. Menurut penelitian, selama trimester pertama, bayi yang sedang dikandung membutuhkan tambahan asam folat sebanyak sekitar 400 mikrogram per hari. Asam folat bisa didapatkan dari beras merah, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Makanan yang Merupakan Sumber Kalsium

Kalsium memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi yang sedang dikandung. Selain itu, asupan kalsium yang cukup selama kehamilan juga membantu mencegah penyakit osteoporosis pada ibu hamil. Jika ibu yang sedang hamil kekurangan asupan kalsium, kebutuhan kalsium bayi yang sedang dikandung akan diambil dari tulang sang ibu. Beberapa contoh sumber kalsium yang baik adalah susu dan produk olahan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Selain mengandung kalsium, susu juga mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin D, dan vitamin A.

Makanan yang Mengandung Protein

Protein adalah sumber kalori dan zat pembangun. Selain itu, protein juga memegang peranan penting dalam pembentukan darah dan sel. Para ibu yang sedang hamil membutuhkan setidaknya 60 gram protein setiap hari, atau sekitar 10 gram lebih banyak dari saat mereka tidak sedang hamil. Beberapa sumber protein yang sangat baik antara lain adalah daging, putih telur, tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Fungsi zat besi dalam pembentukan sel darah merah sangat besar. Selain itu, zat besi juga mengurangi resiko para ibu yang sedang hamil terkena anemia. Para ibu yang sedang hamil memerlukan tambahan asupan zat besi terutama pada saat kehamilan berumur 20 minggu. Setiap hari, para ibu yang sedang hamil membutuhkan sebanyak sekitar 30 mg zat besi. Sumber zat besi yang terbaik antara lain adalah ikan, hati, dan daging.

Sebenarnya mendeteksi kekurangan nutrisi yang diperlukan saat sedang hamil cukup mudah. Biasanya, para ibu hamil yang kekurangan nutrisi tertentu akan mengalami masalah dengan kesehatan mereka. Beberapa masalah kesehatan pada ibu hamil yang terjadi karena kekurangan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh mereka antara lain adalah gusi berdarah dan anemia. Tapi tentunya para ibu hamil tidak boleh menunggu munculnya masalah kesehatan untuk menambah asupan nutrisi mereka. Mereka harus memastikan bahwa tubuh mereka mendapatkan nutrisi ibu hamil yang cukup sejak dari awal kehamilan, supaya bayi mereka kelak lahir dalam kondisi yang sehat dan normal.

Tags:

tips hamil trimester pertama, nutrisi untuk ibu hamil, yang harus dilakukan di trimester dua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>