Manfaat Senam Ibu Hamil

Senam Ibu Hamil

Kita semua tahu bahwa selain harus benar-benar menjaga apa saja yang mereka konsumsi, para ibu hamil juga harus sebisa mungkin menjaga kesehatan mereka. Walaupun saat sedang hamil aktivitas biasa terasa lebih berat untuk dilakukan, para ibu hamil tidak boleh bermalas-malasan. Bahkan, mereka dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Salah satu jenis olahraga terbaik bagi para ibu hamil adalah senam ibu hamil. Sesuai dengan namanya, olahraga ini adalah sejenis senam. Tapi tentu saja, senam ibu hamil gerakan-gerakan dan durasinya sudah disesuaikan dengan kondisi fisik ibu hamil. Jadi, asalkan dilakukan dengan benar, senam ini aman untuk para ibu hamil, dan bayi yang mereka kandung.

Manfaat senam ibu hamil sebenarnya sangat besar. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang belum menyadarinya. Senam ibu hamil adalah senam dengan gerakan-gerakan yang dilakukan khusus untuk melatih otot-otot tertentu yang berhubungan dengan kehamilan, seperti otot perut, otot panggul, dan otot paha. Melatih otot-otot tersebut dapat mempermudah proses melahirkan secara normal. Saat ini ada beberapa jenis senam ibu hamil. Ada yang sebatas melatih otot-otot yang disebutkan tadi, dan ada juga yang sekaligus melatih pernafasan pada saat kontraksi, dan pada saat mengejan, untuk mempersiapkan para ibu hamil untuk melahirkan. Jenis senam ibu hamil yang termasuk pelatihan pernafasan ini adalah yang paling baik dan bermanfaat.

Biasanya dalam senam ibu hamil terdapat rangkaian gerakan-gerakan yang merupakan gabungan dari latihan pernafasan, kelenturan, kerja otot jantung, dan relaksasi. Dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut, kinerja otot jantung dan pernafasan dapat meningkat, sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dan otot-otot yang nantinya diperlukan saat proses melahirkan menjadi lebih kuat. Walaupun terkesan tidak penting, latihan relaksasi dan kelenturan dalam senam ibu hamil sangat penting. Latihan ini akan membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian perut dan pantat. Ada senam ibu hamil yang juga memberikan sesi tambahan berupa sesi relaksasi. Sesi relaksasi ini membantu para ibu hamil untuk menjadi lebih rileks. Senam ibu hamil dengan sesi relaksasi ini sangat cocok bagi para ibu hamil yang sering sulit tidur.

Senam ibu hamil sangat dianjurkan bagi para ibu hamil yang ingin supaya badan menjadi lebih sehat dan proses persalinan kelak menjadi lancar. Tapi, tidak semua ibu hamil boleh melakukan senam ibu hamil. Para ibu hamil yang menderita penyakit paru-paru, jantung, atau mempunyai riwayat pendarahan tidak boleh melakukan senam ibu hamil. Para ibu hamil yang sedang dalam kondisi tekanan darah tinggi juga tidak boleh melakukan senam ini. Jadi, sebaiknya para ibu hamil yang tertarik untuk melakukan senam ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Dokter kandungan akan memberikan kepastian apakah mereka boleh melakukan senam ibu hamil atau tidak.

Saat ini sudah ada banyak buku dan video yang memberikan panduan senam bagi para ibu hamil. Jadi, para ibu hamil tidak harus menghadiri kelas senam ibu hamil. Jika mereka mau, mereka bisa melakukannya di rumah. Tapi bagaimanapun juga, melakukan senam dengan mengikuti kelas jauh lebih baik karena para ibu hamil akan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Jika dilakukan dengan benar, senam ibu hamil sangat bermanfaat dan tidak berbahaya bagi kehamilan. Tapi, para ibu hamil yang saat melakukan senam dengan teratur justru mengalami hal-hal seperti nafas menjadi lebih pendek, timbul rasa nyeri, atau bahkan pendarahan, sebaiknya segera berhenti.

Tags:

gerakan senam hamil 5 bulan, senam hamil 8 bulan, senam ibu hamil 5 bulan, senam hamil trimester 3, senam ibu hamil 8 bulan, gambar senam ibu hamil, senam hamil trimester 2, gerakan senam hamil trimester 3, gerakan senam ibu hamil 5 bulan, senam ibu hamil trimester 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *