Cara Sehat Untuk Hamil

Cara Sehat Untuk Hamil

Kehamilan tidak selalu mudah untuk didapatkan. Ada banyak pasangan suami istri yang sudah berusaha keras untuk mendapatkan keturunan tapi belum juga berhasil. Berikut adalah beberapa cara sehat untuk hamil, yang mungkin dapat bermanfaat bagi pasangan-pasangan yang ingin segera mendapatkan keturunan:

–       Memeriksakan Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan, khususnya sistem reproduksi, hanya dapat diketahui secara persis melalui pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Jika menurut hasil pemeriksaan ternyata semuanya normal, cara-cara sehat untuk hamil dapat dipraktekkan sebagai usaha untuk segera mendapatkan keturunan. Tapi, jika ternyata memang ada yang salah dengan sistem reproduksi sang istri, atau sang suami, sebaiknya diobati terlebih dahulu.

–       Mengetahui Masa Subur Istri

Usaha untuk mendapatkan keturunan dapat diumpamakan seperti bercocok tanam. Dalam bercocok tanam, ada saat-saat/musim yang paling ideal untuk menanam. Dengan mengetahui masa subur sang istri, pasangan suami istri dapat melakukan hubungan intim di saat set telur dalam kondisi paling siap untuk dibuahi. Dengan demikian, kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan jauh lebih besar. Masa subur istri dapat diketahui dengan menghitung, mengukur suhu badan, atau menggunakan alat pengukur.

–       Menghindari Hal-hal yang Dapat Menyebabkan Masalah Kesuburan

Biasanya, sulitnya mendapatkan keturunan diakibatkan oleh adanya gangguan pada sistem reproduksi sang istri, atau kurangnya kualitas dan kuantitas sperma sang suami. Menurut hasil dari sebuah penelitian, 40% masalah kesuburan terletak pada sistem reproduksi sang istri, 40% terletak pada sistem reproduksi sang suami, dan 30% terletak pada keduanya. Jadi, pasangan suami istri harus bersama-sama menghindari hal-hal yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi mereka, seperti merokok, makan makanan yang kurang sehat, dan sebagainya.

–       Mengatur Posisi Saat Berhubungan Intim

Menurut para ahli, posisi saat berhubungan intim dapat mempengaruhi peluang terjadinya kehamilan. Untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan, sebaiknya sang istri mengganjal pinggulnya dengan bantal saat berhubungan. Ini dilakukan dengan maksud agar serviks dapat menampung lebih banyak sperma. Setelah ejakulasi, sebaiknya sang istri tetap dalam posisi berbaring selama sekitar 10-20 menit. Ini untuk mencegah cairan semen mengalir kembali ke vagina.

–       Mengatur Suasana Saat Berdua

Sebaiknya saat pasangan suami istri hendak berhubungan intim, mereka menciptakan suasana yang rileks dan romantis. Sebagian besar pasangan suami istri yang belum mendapatkan keturunan justru merasa terbebani dan stres saat berhubungan intim karena mereka terlalu memikirkan apakah usaha mereka akan berhasil. Ini justru akan memperparah keadaan karena dalam kondisi stres, organ tubuh, termasuk yang berhubungan dengan sistem reproduksi, tidak akan dapat bekerja dengan maksimal.

–       Mengubah Pola Hidup

Terkadang pasangan yang sulit mendapatkan keturunan harus mengubah pola hidup mereka. Contohnya, bagi mereka yang merokok, sebaiknya segera berhenti karena ini dapat mengurangi peluang untuk mendapatkan keturunan. Kebiasaan buruk lain seperti minum minuman beralkohol juga sebaiknya dihentikan. Pasangan suami istri yang salah satu atau keduanya memiliki berat badan yang kurang ideal, entah terlalu gemuk atau terlalu kurus juga harus melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Menurut penelitian, pada wanita, berat badan yang berlebih atau justru kurang dapat mempersulit proses pembuahan. Sedangkan pada pria, kurangnya berat badan dapat mempengaruhi pembentukan sperma.

–       Minum Vitamin

Sebaiknya pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan keturunan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan mengandung nutrisi yang cukup. Dan untuk memastikan bahwa tubuh mereka mendapatkan vitamin yang cukup, sebaiknya mereka minum vitamin/suplemen secara teratur. Menurut penelitian, dengan mendapatkan tambahan vitamin D dan E dalam jumlah yang cukup, tingkat kesuburan pria dan wanita dapat meningkat. Vitamin C juga meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *