Cara Hamil Yang Sehat



Cara Hamil Yang Sehat

Biasanya pasangan suami istri yang merasa sudah siap untuk mempunyai anak berhenti memakai alat kontrasepsi. Kemudian, mereka mencari informasi mengenai cara hamil yang sehat, agar sang istri dapat hamil, dan kehamilannya pun normal/sehat, sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar sampai si bayi lahir. Berikut adalah beberapa cara hamil yang sehat:

-       Memeriksakan Kondisi Kesehatan

Memeriksakan kondisi kesehatan adalah salah satu hal terpenting dalam mempersiapkan diri untuk hamil. Beberapa hal yang perlu diperiksa antara lain adalah kesehatan sistem reproduksi, dan tingkat kesuburan. Tidak hanya sang istri yang perlu memeriksakan kedua hal ini. Sang suami juga perlu memeriksakan dirinya untuk memastikan bahwa semuanya normal. Jadi, semua halangan yang mungkin muncul entah dari suami ataupun dari istri dapat diantisipasi.

-       Mengetahui Masa Subur

Salah satu hal terpenting yang merupakan bagian dari cara hamil yang sehat adalah dengan mengetahui masa subur sang istri. Sebaiknya, pasangan suami istri melakukan hubungan intim saat sang istri sedang dalam masa subur. Dalam masa subur, kemungkinan bertemunya sel sperma dengan sel telur jauh lebih besar. Jadi, kemungkinan terjadinya kehamilan juga jauh lebih besar. Menghitung masa subur sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Biasanya, seorang dokter kandungan atau bidan dapat menjelaskan cara penghitungan masa subur dengan terperinci.

-       Menerapkan Pola Hidup Sehat

Ini adalah hal yang sangat penting, tapi seringkali kurang mendapatkan perhatian. Contohnya, masih banyak pasangan suami istri yang salah satu atau bahkan keduanya merokok. Kebiasaan buruk semacam ini sangat mungkin menyebabkan terganggunya fungsi sistem reproduksi. Jadi, sebaiknya pasangan suami istri yang salah satu atau keduanya merokok segera berhenti. Selain menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok, pasangan suami istri yang sedang mempersiapkan kehamilan sebaiknya rajin berolahraga. Mereka juga harus makan makanan yang sehat dan bergizi. Akan lebih baik lagi jika mereka minum vitamin secara teratur.

-       Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan fisik bukanlah satu-satunya hal yang harus dijaga saat sedang mempersiapkan diri untuk kehamilan. Kesehatan mental juga harus diperhatikan, karena pengaruhnya terhadap kehamilan sangat besar. Sebaiknya pasangan suami istri menghindari hal-hal yang dapat membuat mereka stres. Akan lebih baik lagi jika mereka secara teratur melakukan hal-hal yang membuat mereka rileks, seperti berjalan-jalan, nonton film, atau pergi berwisata.

-       Menggunakan Posisi Berhubungan Intim yang Tepat

Banyak pasangan suami istri yang tidak menyadari bahwa posisi mereka saat berhubungan intim dapat mempengaruhi kemungkinan terjadinya kehamilan. Menurut para ahli, pasangan suami istri yang ingin segera mempunyai anak sebaiknya menggunakan bantal sebagai pengganjal pinggul sang istri saat berhubungan intim. Selain itu, setelah selesai berhubungan, sebaiknya sang istri berbaring dulu selama beberapa menit, untuk mencegah cairan semen mengalir kembali ke alat kelamin.

Tags:

cara hamil sehat, yhs-fullyhosted_003, suami dan istri hamil, tips untuk calon ibu mendapatkan anak sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>