Buah-buahan Untuk Ibu Hamil

Buah-buahan Untuk Ibu Hamil

Untuk memastikan bahwa bayi yang mereka kandung akan dapat lahir sebagai bayi yang sehat, para ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan mengandung semua zat yang dibutuhkan. Selain sayuran dan berbagai sumber protein hewani, biasanya ibu hamil juga dianjurkan untuk makan buah-buahan.

Berikut adalah daftar buah-buahan untuk ibu hamil, beserta penjelasan mengapa buah-buahan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pada buah alpukat, terkandung asam folat yang cukup besar, dan dapat memenuhi sekitar 30% kebutuhan asam folat ibu hamil. Menurut para ahli, ibu hamil memerlukan asupan asam folat sebesar 600 mikrogram per hari. Sedangkan saat bayi sudah lahir, ibu yang menyusui membutuhkan sekitar 500 mikrogram per hari. Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena sangat baik untuk pertumbuhan bayi yang dikandung, dan mengurangi resiko bayi terlahir cacat.

Selain karena kandungan asam folatnya yang cukup tinggi, buah alpukat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena bagus untuk kulit bayi yang dikandung. Apalagi, buah ini juga mengandung serat, yang mencegah sembelit yang merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Selain itu, alpukat juga mengandung kalium, yang membantu untuk menyeimbangkan tekanan darah.

Labu Siam

Labu siam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung kadar serat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1,7 gram per 100 gram. Kandungan serat yang cukup tinggi ini sangat membantu dalam mengatasi sembelit, yang merupakan satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Seperti alpukat, labu siam juga mengandung asam folat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 93 mikrogram per 100 gram. Jadi, dengan mengkonsumsi 100 gram labu siam saja, ibu hamil sudah dapat memenuhi sekitar 24% kebutuhan asam folat nya.

Pisang Ambon

Menurut para ahli, ada baiknya jika ibu hamil mengkonsumsi pisang Ambon. Sama seperti alpukat dan labu siam, alasan utama kenapa ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang ambon adalah karena kandungan asam folatnya. Tapi memang, sebaiknya pisang Ambon tidak dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, karena kandungan kalori buah ini cukup tinggi. Selain asam folat, pisang Ambon juga mengandung zat besi yang sangat baik untuk mencegah anemia.

Lemon

Lemon adalah buah yang sangat baik untuk ibu hamil karena dapat membantu untuk mengatasi rasa mual yang sering terjadi di pagi hari (morning sickness). Buah ini dapat diperas dan dicampur dengan air putih untuk diminum.

Mangga

Susah buang air besar atau sembelit adalah masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah mangga, ibu hamil dapat mengurangi masalah ini. Selain itu, buah mangga mengandung vitamin A dan vitamin C.

Selain buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur oleh para ibu hamil, ada juga beberapa buah-buahan yang justru tidak boleh dikonsumsi oleh mereka karena dapat membahayakan kandungan. Beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain adalah nanas, pepaya, anggur, dan durian. Dari keempat buah ini, buah durian adalah yang paling berbahaya bagi kandungan. Buah ini mengandung alkohol dan asam arachidonat. Alkohol dapat mempengaruhi perkembangan janin, dan asam arachidonat dapat merangsang kontraksi rahim, dan mengakibatkan keguguran. Nanas juga sangat berbahaya bagi kehamilan. Buah ini mengandung zat bernama bromelain yang memicu persalinan dini.

Tags:

manfaat pisang ambon untuk ibu hamil, pisang ambon untuk ibu hamil, buah-buahan untuk ibu hamil trimester pertama, bolehkah ibu hamil makan pisang ambon, ibu hamil makan pisang ambon, air lemon untuk ibu hamil, pisang ambon untuk bumil, manfaat pisang ambon bagi bumil, manfaat pisang siem buat bumil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *