Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?



Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi

Para ibu hamil harus sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Selain berbagai macam makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi demi kesehatan janin yang mereka kandung, ada juga berbagai macam makanan dan minuman yang harus mereka hindari. Salah satu pertanyaan yang sering muncul di benak para ibu hamil adalah: “Bolehkah ibu hamil minum kopi?” Sangat dapat dimaklumi jika banyak ibu hamil yang bertanya-tanya apakah mereka boleh minum kopi. Kopi adalah minuman yang digemari oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Bahkan, ada banyak orang yang seakan-akan kecanduan, dan merasa kurang semangat jika belum “ngopi” di pagi hari. Tapi apakah kopi mempunyai dampak buruk terhadap kehamilan?

Berikut penjelasannya:

Sebenarnya penelitian mengenai dampak kopi terhadap kehamilan masih merupakan hal yang sangat kontroversial. Ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa kopi dapat berpengaruh buruk terhadap kehamilan karena kafein yang ada di dalamnya, dan ada juga yang menyatakan bahwa kopi tidak berpengaruh buruk, asalkan konsumsinya tidak terlalu banyak. Semua pernyataan tersebut tentu saja dilatarbelakangi oleh penelitian. Ada satu penelitian yang menemukan bahwa para ibu hamil yang secara rutin minum antara 4 sampai dengan 7 cangkir kopi per hari, menghadapi resiko kematian pada janin yang 80% lebih tinggi daripada para ibu hamil yang tidak pernah minum kopi. Sedangkan penelitian yang lain menemukan bahwa pada ibu hamil yang secara rutin minum kopi, tapi dengan kandungan kafein tidak lebih dari 200mg per hari, resiko kematian janin ataupun bayi lahir prematur tidak terpengaruh/tidak meningkat.

Melihat hasil dari penelitian-penelitian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya para ibu hamil tetap boleh minum kopi. Tapi, mereka harus membatasinya, karena kandungan kafein yang boleh mereka serap tidak lebih dari 200mg per hari. Biasanya, secangkir kopi mengandung antara 76-137mg kafein. Tapi, karena mengukur kadar kafein sangatlah sulit dan harus dilakukan di laboratorium, untuk amannya, sebaiknya para ibu hamil minum kopi tidak lebih dari satu cangkir saja per hari. Apalagi, selain kopi, masih ada minuman-minuman lain yang mungkin mereka minum, yang juga mengandung kafein. Teh, contohnya, biasanya mengandung antara 26-48mg kafein per cangkir. Coklat dan beberapa jenis soft drink, juga mengandung kafein, jadi konsumsinya harus dibatasi.

Sebenarnya ada satu solusi yang sangat cocok bagi para ibu hamil yang sangat suka minum kopi. Sekarang, ada kopi yang decaffeinated, yang sering disebut dengan decaf. Sesuai dengan namanya, kopi decaffeinated atau decaf sudah dihilangkan/dikurangi kadar kafeinnya. Tapi memang, kopi jenis ini masih cukup sulit untuk ditemukan di supermarket-supermarket di Indonesia. Kalaupun ada, biasanya kopi jenis ini harganya jauh lebih mahal daripada kopi biasa. Selain itu, banyak yang beranggapan bahwa dari segi rasa, kopi decaf kurang nikmat.

Tags:

bolehkah ibu hamil minum kopi, minum kopi saat hamil tua, Hamil tua minum kopi, ibu hamil minum kopi, bolehkah hamil tua minum kopi, ibu hamil minum kopi susu, Kopi untuk ibu hamil tua, hamil tua boleh minum kopi, kopi bagi ibu hamil tua, bolehkah saat hamil tua minum kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>